December 31, 2008

Laskar Pelangi Masuk Berlinale 2009

Sebuah catatan prestasi kembali ditoreh film Laskar Pelangi arahan sutradara Riri Riza. Film yang diklaim telah ditonton 4,4 juta penonton Tanah Air itu, akan turut serta memeriahkan salah satu ajang bergengsi di kawasan Eropa, Berlinale 2009, Festival Film International Berlin ke-59, yang akan digelar di Berlin, Jerman, mulai tanggal 5 Februari 2009 mendatang.

Dikatakan produser Mira Lesmana, Laskar Pelangi dipilih oleh pihak penyelenggara untuk ikut serta dalam program Berlinale Panorama. "Saya memang belum mendapatkan rinciannya mengenai program tersebut. Namun, mendengar LP bisa ikut memeriahkan festival bergengsi ini saja, kami sangat senang," kata Mira kepada kompas entertainment, Senin (15/12).

Menurut Mira, terlibatnya film yang diangkat berdasarkan cerita novel dengan judul yang sama karya Andrea Hirata, sangatlah mengembirakan mengingat film ini menjadi film cerita panjang pertama dari generasi baru, pasca sutradara Garin Nugroho, yang berhasil masuk ke festival bergengsi ini.

"Bagi kami, kalau sudah masuk Berlinale nggak masalah masuk kompetisi atau tidak. Bisa lolos seleksi saja dan mendapatkan lambang Berlinale, itu bagi kami sudah luar biasa," ujarnya sumringah.

Sebelumnya, film karya sutradara Garin Nugroho, Aku Ingin Menciummu Sekali Saja, pernah menyemarakkan "Berlinale 2003" yang berlangsung di Berlin, Jerman, pada 6-16 Februari 2003 lalu. Film yang dibintangi Lulu Tobing dan Minus Coneston Karoba itu, bahkan disambut hangat sejumlah kalangan di ajang tersebut.

Dipilihnya LP dalam satu program festival bergengsi tersebut, menurut Mira, memberi berbagai catatan penting. Yang pertama, katanya, secara kualitas dan konten film-film Indonesia sudah mulai dirilik dan masuk dalam standar film internasional. "Ini membawa nafas baru film Indonesia di tingkat internasional dan menjadi pintu yang bisa membuka bakat-bakat baru sineas Indonesia di ajang internasional bergengsi lainnya," harap Mira.

"Hal yang terpenting lainnya, adalah ajang ini bisa menjadi gerbang untuk distribusi film-film nasional di tingkat internasional," kata Mira yang berencana membuat stan di Berlinale pada 5 Februari mendatang.

Mengenai kabar terakhir LP, hingga saat ini proses pemutarannya masih terus belangsung di sejumlah kota, termasuk di Bengkulu dan Jember. "Seru abis. Setiap diputar selalu full house. Sampai saat ini, Laskar Pelangi sudah ditonton 4,4 juta orang," ungkapnya.

No comments:

Post a Comment

The News